Ruteng, Radarflores.com - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo kembali batal Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Manggarai Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Sebelumnya, politisi PDIP juga batal ke Manggarai pada 28 Oktober 2023 lalu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Manggarai Jahang Fansi Aldus mengatakan, kunjungan Jokowi yang dijadwalkan pada 5 Desember 2023 mendatang kembali dibatalkan.

"Rupanya ada agenda lain di Jakarta makanya bapak presiden batal lagi kunker ke Manggarai," kata Sekda Fansi saat dihubungi Radarflores.com pada Sabtu (02/12/2023).

Padahal Pemkab Manggarai, kata dia, sudah melakukan persiapan di atas 80 persen.

Semua lokasi kunjungan Presiden Jokowi sudah dicek bersama TNI, Polri baik untuk persiapan bandara, kunjungan di SMK St Aloysius, Pasar Inpres Ruteng, termasuk lokasi makan siang.

"Hari ini tadi rencana ada tiga helikopter akan tes landing di Bandara Frans Sales Lega Ruteng, untuk cek kesiapan bandara. Itu juga batal semua karena pak presiden tidak jadi datang," pungkasnya.

Dihubungi terpisah warga Manggarai Ago mengaku sangat kecewa dengan presiden Jokowi Widodo. Sebab, kata dia, mantan Gubernur DKI Jakarta itu sudah dua kali janji untuk melakukan kunker ke Manggarai.

"Sebagai masyarakat Manggarai saya sangat kecewa dengan Presiden Jokowi Widodo karena sudah dua kali ia janji datang kunker di Tanah Nuca Lale tapi selalu saja batal dengan dalil ada pertemuan yang lain di Jakarta," kata Ago.

Padahal, kata dia, Pemkab Manggarai sudah melakukan persiapan hampir 100  persen untuk menerima kunjungan mantan Presiden Jokowi.

Penulis: Isno Baco