Ruteng, Radarflores.com - Edelbertus H. R. Ganggut atau Ebert Ganggut mengusung tagline 'Manggarai Smart' di pilkada Manggarai 2024.

Smart merupakan kependekan dari sejahtera, adil, responsif, dan terlayani.

Menurut Ebert, pilkada merupakan momen mengantarkan konsep-konsep berpikir untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.

"Tentu pada intinya adalah keinginan itu untuk memberikan kesejahteraan dan kemakmuran untuk rakyat Manggarai," jelas politisi PAN itu saat mendaftar di DPD Partai NasDem Kabupaten Manggarai, Selasa (07/5/2024) petang.

Konsep Manggarai Smart ini bertumpu pada lima indikator utama yaitu, penataan birokrasi yang bertanggung jawab, meningkatkan kualitas kesehatan, meningkatkan kualitas pendidikan, meningkatkan pertumbuhan perekonomian, dan legitimasi kelembagaan sebagai indikator desa membangun.

Ebert menegaskan, tagline Manggarai Smart merupakan kolaborasi konsep-konsep berpikir yang datang dari rakyat.

Menurut dia, di balik konsep berpikir ini ada sebuah keinginan besar yang kemudian dinarasikan ke dalam visi-misi.

Visi-misi ini bagian dari keterlibatan masyarakat untuk mengambil bagian melihat Manggarai secara keseluruhan.

"Maka lonto leok rentu sai sebagai lutur bersama untuk menghasilkan sebuah budaya kerja yang baik bagi kepemerintahan masa depan, maka partisipasi dan keterlibatan masyarakat itu sangat penting," jelas Ebert.

Ia menguraikan, di balik sebuah keinginan tentu saja ada kajian yang akan dibangun. Kajian itu, kata dia, dibangun dari sebuah konsep kerja yang spesifik, terukur, dan tercapai.

Kemudian program-program yang realistis dan tentu akan diselesaikan pada waktu-waktu tertentu pada masa kepemimpinan bupati dan wakil periode 2024-2029.

Parpol Bagian Terpenting

Dalam momentum pilkada, kata dia, akan melahirkan pemimpin-pemimpin yang hebat periode 2024-2029.

"Oleh karena itu kehadiran partai-partai politik adalah bagian terpenting untuk merekomendasikan para bakal calon bupati," kata Ebert.

Menurut dia, yang terpenting dalam momentum pilkada ini adalah bagaimana partai politik mengambil bagian sebagai titik star untuk merekomendasikan putra dan putri terbaik Manggarai.

"Untuk dilahirkan oleh rakyat Manggarai sebagai pemimpin pada tanggal 27 November mendatang," katanya.

Anggota DPRD Kabupaten Manggarai itu juga menegaskan siapa pun yang punya keinginan untuk menjadi pemimpin pada pilkada 2024, maka mereka adalah orang-orang yang ingin Manggarai menjadi maju.

"Karena biar bagaimana pun juga siapa pun yang terpilih mereka akan menyerahkan sebagian kehidupan untuk mengurus rakyat Manggarai," ungkap Ebert.

"Tetapi yang paling penting bahwa di mana kepemimpinan itu hadir harus memberikan kesejahteraan dan kemakmuran buat rakyat," tambah anggota DPRD tiga periode itu.

Sementara itu, Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Manggarai Soe Flavianus menyampaikan terima kasih kepada Pa Ebert bersama keluarga dan rombongan yang sudah mempercayai partai yang ia pimpin untuk mendaftar sebagai bakal calon bupati Manggarai periode 2024-2029.

"Kedatangan Pa Ebert bersama keluarga dan rombongan ini tentu suatu penghargaan yang luar biasa bagi di DPD NasDem. Pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati di Partai NasDem terbuka untuk umum," kata pria yang karib disapa Ipi itu.

Diketahui, Ebert Ganggut sudah mendaftar di empat partai yakni: Partai Amanat Nasional (PAN), PKB, PDIP, dan Partai NasDem.

Penulis: Isno Baco