Ruteng, Radarflores.com - Tahapan yang pemilihan legislatif (Pileg) sudah dimulai Selasa (28/11/2023). Dengan dimulainya tahapan kampanye, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengeluarkan aturan yang harus dipenuhi oleh peserta Pemilu.

Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Manggarai Rikar Pentor menjelaskan, berdasarkan PKPU 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilu 2024, Pasal 30 ayat (1)-(6) menyatakan bahwa, petugas kampanye pertemuan terbatas harus menyampaikan pemberitahuan secara tertulis kepada Kepolisian sesuai tingkatan, pemberitahuan tersebut juga di teruskan kepada KPU, Bawaslu sesuai tingkatan yamg isinya antara lain menginformasikan tentang hari, tanggal, jam, tempat pelaksanaan, jumlah peserta yang di undang dan penanggung jawab kegiatan tersebut.

"Dalam pertemuan terbatas hanya dapat membawa, menggunakan, memasang, menyebarkan berupa bendera, tanda gambar, atribut, peserta Pemilu, dan bahan kampanye," kata Rikar kepada wartawan, Selasa sore.

Untuk pertemuan terbatas, lanjut dia, dapat menghadirkan orang sebanyak sesuai Pasal 29 ayat 3, untuk DPR RI 3.000 orang dan DPRD Provinsi 2.000 orang. Sedangkan untuk DPRD Kabupaten/Kota 1.000 orang. Kemudian harus disesuaikan dengan keterbatasan gedung/ruangan yang ada.

Berdasarkan Pasal 36 ayat (1)-(5) petugas kampanye pertemuan tatap muka juga harus menyampaikan pemberitahuan secara tertulis kepada Kepolisian sesuai tingkatan, dan salinan tersebut disampaikan kepada KPU, Bawaslu sesuai tingkatan yang isinya tentang hari, tanggal, jam, tempat pelaksanaan serta jumlah pemilih yang akan diundang dan penanggung jawab kegiatan tersebut.

"Dalam pertemuan tersebut dapat memasang Alat Peraga Kampanye (APK) di halaman gedung tempat pertemuan," imbuhnya.

Rikar menambahkan, terkait Akun Sikadeka Kepolisian hanya untuk tingkat pusat. Sebab, KPU sesuai tingkatan yang ada tidak memiliki kewenangan dan akses untuk data base Kepolisian.

Kata Rikar, saat ini peserta Pemilu sudah menyampaikan rekening khusus dana kampanye (RKDK) kepada KPU Kabupaten Manggarai, melalui aplikasi Sikadeka.
 

Penulis: Isno Baco