Borong, RF- Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah salah satu daerah yang kaya akan tempat wisatanya.

Salah satu tempat wisata yang sayang jika tidak dikunjungi adalah Danau Rana Masak di Desa Rana Masak, Kecamatan Borong.

Danau ini menawarkan sejuta keindahan, mulai dari airnya yang panas dan suhu udaranya segar yang tentu saja bisa menghipnotis mata para pengunjung. Siapapun yang datang ke sini dijamin akan disajikan dengan indahnya pemandangan alam.

Bukan hanya itu, wisata alam Rana Masak akan semakin menggoda karena menyuguhkan betapa indahnya hamparan persawahan padi yang hijau menguning dan pondok-pondok petani yang membentang di sekeliling destinasi wisata unik ini.

Makin menyegarkan mata, nuansa alam berupa hutan dan tanaman umur panjang warga seperti pohon jati, mahoni, kemiri, kakao dan tanaman umur panjang lainya di sekeliling destinasi ini.

Destinasi wisata Rana Masak juga memiliki daya tarik tersendiri terutama  keunikan mata air panas yang muncul di sela bebatuan kapur dan menurut hasil penelitian mengandung panas bumi.

Terdapat sekitar belasan mata air yang muncul dari sela-sela bebatuan kapur. Bebatuan kapur terbentang luas dan berbentuk tangga. Warna bebatuan kapur ini adalah kuning.

Untuk tangga pertama setelah melintasi sungai Wae Moi, pengunjung terlebih dahulu menemukan sekitar 8 titik mata air. Ukuran mata air ini bervariasi ada yang besar dan ada yang kecil.

Di lokasi, pengunjung harus berhati-hati. Bahkan dilarang untuk mendekatinya karena menurut kesaksian warga sekitar, pernah tenggelam hewan seperti kerbau dan babi hutan dan tidak bisa ditemukan.

Kemudian pada tingkat kedua pengunjung menemukan 3 titik mata air panas yang muncul dari bebatuan kapur. Satu titik mata air berada sedikit jauh dari dua titik lainnya.

Untuk kedua titik mata air ini berdekatan dan bisa pengunjung untuk mencuci muka atau merendam kakinya.

Menurut cerita warga, air panas ini bisa menyembuhkan luka atau penyakit kulit lainnya dan juga bisa memasak telur dalam waktu 15 menit telur sudah bisa masak.

Kemudian pada tangga yang paling atas terdapat 1 titik mata air panas. Untuk mata air ini juga pengunjung bisa mandi atau merendam diri.

Di bagian barat telah dibangun taman. Di taman ini ditempatkan 11 bangku untuk tempat duduk pengunjung dan juga sudah ditanami bunga-bunga. Di sisi timur danau Rana Masak  juga sudah disediakan sebuah kolam renang.

Untuk sampai ke destinasi wisata Rana Masak ini, alternatif jalan yang dekat, jika dari Kota Borong pengunjung mengikuti jalan Borong-Kembur-Warat. Jalan yang dilalui ini cukup bagus.

Sesampai di Kampung Warat pengunjung belok kanan mengikuti jalan Warat-Paanleleng. Ruas jalan yang  dilalui ini sebagian kecil aspalnya pecah dan berlubang.

Meskipun memiliki pesona yang tak kalah indah dari destinasi  wisata lain, sangat disayangkan tempat ini masih belum dikenal banyak orang terutama para wisatawan asing.

Sekitar 5 kilometer tibalah pengunjung di Kampung Purak, Desa Ngampang Mas, Kecamatan Borong. Kemudian pengunjung memarkirkan kendaraan di Kampung Purak.

Selanjutnya pengunjung menyusuri jalan setapak sekitar 1.000 meter dengan topografis menurun hingga sampai di Kali Wae Moi.

Meski jalannya menurun dan terjal, namun mata Anda akan terhipnotis dengan pemandangan alam sekitar dan perkebunan warga.

Sampai di kali Wae Moi, maka Anda sudah tiba di destinasi Danau Rana Masak.

Di lokasi ini juga belum ada rumah makan atau cafe, sehingga Anda disarankan untuk membawa bekal berupa makanan dan minuman kesukaan Anda secukupnya. 

Kontributor: Yunt Tegu